Rabu, 30 April 2014

"Gunongan" Simbol Cinta Sultan Iskandar Muda

Lokasi yang cocok untuk berwisata bersama keluarga kali ini adalah Gunongan, Gunongan merupakan salah satu bangunan peninggalan kejayaan Kesultanan Aceh Darussalam yang terletak di Kecamatan Baiturrahman, Jalan Teuku Umar, Kota Banda Aceh yang menjadi simbol cinta dan keagungan . 

          Gunongan dibangun pda masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda yang memerintah Kesultanan Aceh Darussalam pada tahun 1607-1636.
 
Pada abad ke 16 dibawah kepemimpinan Sultan Iskandar Muda, Kesultanan Aceh Darussalam berhasil menakhlukan Kesultanan Pahang Malaysia dengan membawa 20.000 armada darat dan laut dari Aceh Darussalam. 

           Di balik kesuksesan seorang laki laki selalu ada seorang perempuan di balik layar. Bagi Sultan Iskandar Muda, perempuan di balik layar itu adalah permaisurinya yang bernama Putri Khamalia yang berasal dari Pahang Malaysia.
 

           Karena Putri Khamalia berasal dari Pahang Malaysia , rakyat Aceh lebih mengenalnya dengan sebutan Putroe Phang (Putri Pahang).
 
Perkenalan Sultan Iskandar dengan Putri Khamalia ini berawal saat Sultan Iskandar Muda berada di Pahang Malaysia ketika menakhlukan Kesultanan Pahang. 
Sultan Iskandar Muda jatuh cinta pada Putri Khamalia yang manis tutur katanya dan cantik rupawan parasnya. 

           Karena rasa cintanya itulah akhirnya Sultan Iskandar Muda memutuskan untuk menikahi Putri Khamalia dan memboyongnya ke Aceh Darussalam .
 
Bersamaan dengan itu, Keluarga Kesultanan Pahang bersama sekitar 10.000 penduduknya berimigrasi ke Aceh Darussalam untuk memperkuat pasukan Kesultanan Aceh Darussalam. 

             Dulu Saat berada di Aceh , Putri Khamalia rindu pada kampung halamannya di Pahang Malaysia.
Melihat kesedihan permaisurinya itu Sultan Iskandar Muda berkata :
 
“Wahai Putri, Aku adalah seorang Sultan, Aku akan mengabulkan apapun yang engkau inginkan” 
Mendengar ucapan suaminya itu Putri Khamalia merasa sangat bahagia dan meminta dibangun sebuah bangunan megah nan indah yang menyerupai bukit bukit di Pahang. 
Dalam Bahasa Aceh bangunan indah dan megah yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda itu disebut Gunongan yang artinya Gunung . 

               Gunongan merupakan bagian dari suatu kompleks yang lebih luas, yaitu Taman Ghairah, yang merupakan bagian dari taman Istana Kesultanan Aceh Darussalam. 
Gunongan berdiri dengan tinggi 9,5 meter , menggambarkan sebuah bunga putih yang sedang mekar yang melambangkan ketulusan cinta. Dindingnya berukir salur salur bunga dengan untaian cinta yang bertambat dalam jiwa dan dibangun dalam tiga tingkat. 

               Tingkat pertama terletak di atas tanah dan tingkat tertinggi bermahkota sebuah tiang berdiri di pusat bangunan. Keseluruhan bentuk Gunongan adalah oktagonal (bersegi delapan). 

            Pintu masuknya bernama Pinto Tangkop, Bentuknya seperti jangkar kapal yang menandakan bahwa Sultan Aceh memiliki prajurit laut yang kuat.
Pinto Tangkop berukuran rendah dan harus menunduk bila kita ingin masuk ke dalam Gunongan, Menunduk merupakan pengungkapan rasa hormat dan harus selalu merendah sebagai manusia.
 

            Tepat dibagian puncak Gunongan terdapat menara yang menjulang tinggi berbentuk kelopak bunga seperti permata melambangkan kejayaan. Disetiap puncak gelombang Gunongan di tingkat dua dan tiga terdapat kuncup bunga melati. Namun dalam buku The Richly of Aceh menyebutkan bahwa bunga pada puncak menara Gunongan adalah bunga matahari yang melambangkan seorang putri raja.
 
Kabarnya pada saat Belanda menduduki Kesultanan Aceh Darussalam, Gunongan ini dijadikan sebagai tempat beristirahat dan bersenang senang tentara kerajaan belanda.



        

Berikut adalah foto - foto Gunongan di Banda Aceh :














Terima Kasih


3 komentar:

  1. wah saya suka saya suka ...
    dan saya juga punya (y)

    yuk baca lagi :
    http://musikanegri.blogspot.com/2014/04/gunongan-bukti-cinta-sultan-kharismatik.html

    BalasHapus
  2. Undangan Menjadi Peserta Lomba Review Website berhadiah 30 Juta.

    Selamat Siang, setelah kami memperhatikan kualitas tulisan di Blog ini.
    Kami akan senang sekali, jika Blog ini berkenan mengikuti Lomba review
    Websitedari babastudio.

    Untuk Lebih jelas dan detail mohon kunjungi http://www.babastudio.com/review2014


    Salam
    Baba Studio

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

© Banda Aceh Stories, AllRightsReserved.

by putrabzn@gmail.com | twitter : @putraboobeat